Pages

Senin, 09 Mei 2016

Posting Blog Terhapus, Siapa Tahu Masih Nyantol di Google Cache


Sebelum shalat dhuhur tadi saya mencoba mengutak atik posting lama saya di blog http://jarwadi.me. Posting lama tersebut adalah tentang mengembalikan akun Blackberry ID. Link posting nya di: https://jarwadi.me/2012/01/23/lupa-password-dan-account-blackberry-id/

Kenapa saya mengotak atik posting lama itu?

Karena tulisan yang menyumbang visitor terbanyak itu belakangan ini visitornya turun secara drastis. Saya mengutak atik siapa tahu memang ada yang berubah atau rusak dalam posting itu. Posting itu rusak saya curigai karena beberapa waktu lalu saya mengganti theme blog dan menghapus beberapa kategori dalam blog wordpress tersebut.

Salah satu yang saya lakukan terhadap posting tadi adalah dengan mengubah kategori posting. Dari kategori Uncategorized ke Curhat Teknologi.

Anehnya setelah saya ganti ke kategori Curhat Teknologi, isi posting tersebut hilang. Artikel yang saya tulis lenyap. Hanya menyisakan judul dan link.

Saya panik dan jelas kurang ikhlas. hehe. Saya mencari-cari dimana di wordpress saya bisa me-restore suatu penyuntingan tulisan. Namun belum ketemu.


Sampai saya ingat di internet ada Google Cache. Google Cache ini sangat ngehit beberapa waktu lalu ketika marak hapus menghapus konten website dalam rangka black campaign semaca Pilpres 2014. Saya mencoba menelusuri isi posting saya dari Google Cache itu.

Di Firefox saya membuka link: http://cachedview.com/ dan memasukkan link tulisan saya yang hilang. Ini: https://jarwadi.me/2012/01/23/lupa-password-dan-account-blackberry-id/


Tadaaaa, posting saya tersimpan di Google Cache View. Kini saya tinggal menyunting posting saya yang kehilangan isi artikel. Dengan menyalinkan konten dari tembolok Google.

Maturnuwun Google. Semoga panjang umur dan sehat bahagia.

Tidak ada komentar: