Pages

Sabtu, 02 April 2016

Backdated

Backdated. Ini merupakan kosa kata hari ini saya. Kosa kata yang baru pernah saya baca hari ini dan saya tahu artinya sekarang.

Secara sederhana, backdated bisa dipahami sebagai memundurkan tanggal suatu dokumen ke masa lalu. Misalnya sebuah dokumen dibuat hari ini, tetapi dalam penomoran atau pengarsipannya dibuat seolah-olah dukumen itu dibuat pada tanggal 2 April 2016.

Kok bisa! Bagaimana caranya. Saya sendiri juga belum tahu. Namun mungkin saja agar suatu dokumen bisa disisipkan ke masa lalu, agar seolah-olah dibuat pada masa lalu, sistemnya sudah lebih dulu dipersiapkan. Jadi backdated memang sebuah sistem yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kenapa malam ini saya tiba-tiba menulis tentang backdated. Ini gara-gara saya hari ini membaca-baca berita tentang bocoran dokumen Panama Papers. Kabar yang sebenarnya sudah menjadi berita sejak beberapa hari terakhir.

Bila mau tahu apa itu Panama Papers dan hubungannya dengan tokoh-tokoh penting di Indonesia, silakan baca laporan investigasi Tempo di: Jejak Korupsi Global dari Panama.

Ngomong-ngomong. Saya ingin membuat posting blog ini backdated. Saya akan tekan publish beberapa detik lagi. Mari lihat hasilnya seperti apa?

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Ada yang bisa menebak kapan tulisan blogpost ini dibuat dan dipublish?

Yeyen Supriatna mengatakan...

Trima ksh infonya